Redaksi
Kamis, 5/05/2022 01:18:00 PM WIB
HeadlinePendidikan

Musyawarah Besar IKA SMANDA Kuningan Dihadir dari Berbagai Angkatan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Memasuki hari ke-empat perayaan lebaran Idul Fitri 1443 H sejumlah perwakilan dihadiri dari berbagai angkatan dengan penuh keakraban menggelar musyawarah besar (Mubes) IKA Smanda Kuningan, berlangsung di Auditorium SMA Negeri 2 Kuningan, Rabu (4/5/2022).

Rasa kekeluargaan diantara mereka hingga kini tetap terjalin dengan baik sebagaimana tertuang dalam tema “ngariung bareng, ngahiji deui”. Kegiatan tersebut berkenan dihadiri Kepala SMA Negeri 2 Kuningan, H Tri Suknaedi, beserta jajarannya, tokoh senior alumni, Dadi, ketua demisioner IKA Smanda periode 2011-2014 alumni 2001, Andri Isyara. Tidak ketinggalan hadir juga salah seorang tokoh tingkat nasional, Kang Ade Kadarisman dan kawan-kawan alumni lainnya dari berbagai angkatan.

Kepala SMA Negeri 2 Kuningan, H Tri Suknaedi, mengatakan, keberadaan alumni ini memiliki peran yang cukup strategis bagi kemajuan sekolah. Antara lain, dukungan alumni dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan serta pengembangan dalam berbagai kegiatan, khusunya dibidang ekstrakurikuler yang produktif. Selain itu peran serta alumni sebagai motivator dalam peningkatan pembelajaran dan pengembangan karier bagi adik-adik siswa lainnya.

“Termasuk berperan dalam memberikan bimbingan dari kakak-kakak yang cukup berpengalaman sehingga mereka (adik-adik) ini akan tergerak untuk berbuat upaya mencapai keberhasilan, disamping peran akomodasi melalui kegiatan lomba dan sebagainya. Alhamdulillah, dari 1.000 top SMA terbaik se-Indonesia ada dua SMA terbaik di Kab. Kuningan masuk nominasi sekolah terbaik. Masing-masing MAS Husnul Khotimah dan SMA Negeri 2 Kuningan masuk kategori terbaik dalam skala nasional menempati urutan ke-378 dari top 1.000 sekolah terbaik pada 2021,” tutur H Tri, bangga.


Dalam kesempatan tersebut, ketua panitia Mubes IKA Smanda 2022 Kuningan, Bayu Firmansyah, melaporkan, IKA Smanda didirikan 5 oktober 2002 oleh para alumni senior angkatan 80 dan 90-an. Saat itulah terbentuk kepengurusan pertama dipimpin Kang Achmad Fauzi. Sesuai AD/ART IKA Smanda, masa jabatan pengurus berakhir setelah tiga tahun dan estafet kepemimpinan terus berlanjut hingga diketuai Kang Muhamad Ramli, periode 2014-2017. Setelah terjadi kevacuman, para alumni dari berbagai angkatan tergerak untuk segera membenahi kekosongan agar program organisasi dapat berjalan kembali.

“Memasuki tahun 2019, atas restu Kang Ramli selaku ketua IKA Smanda terakhir saat itu, maka dibentuklah tim inisiator untuk menyelenggarakan acara Mubes dan reuni. Awalnya mubes dan reuni akan diselenggarakan pada tahun 2020, namun seiring adanya pandemi yang melanda dunia, maka rencana itu pun ditunda. Alhamdulillah, memasuki awal Ramadhan 1443 H/2022 M, salah seorang alumni senior, Kang Ade Kadarisman, kembali memecut semangat kami untuk melaksanakan agenda yang tertunda. Akhirnya tim inisiator sepakat bahwa mubes dilaksanakan tahun ini dengan misi utama menyelamatkan organisasi dengan cara mengangkat ketua baru melalui musyawarah besar (Mubes),” papar Bayu.


Pelaksanaan Mubes ini disampaikan melalui undangan untuk 32 angkatan, namun tidak semua angkatan hadir kecuali utusan dari masing-masing angkatan. Mereka yang tidak hadir dapat mengikuti acara ini melalui zoom dan untuk diketahui pula bahwa IKA Smanda menginjak usia ke-20 tahun. (Fikhar/BK)