Redaksi
Senin, 2/26/2024 08:31:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

SMPN 1 Cilimus Sambut Hari Bahasa Ibu Sedunia, Tampilkan Seni Sunda dan Launching Perpustakaan Digital

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


SMP Negeri 1 Cilimus gelar kegiatan pagelaran Seni Budaya Sunda sekaligus melaunching Perpustakaan Digital, dalam rangka menyambut Hari Bahasa Ibu Dunia (Mieling Basa Indung Sedunia) yang bertempat dihalaman SMPN 1 Cilimus, Jl. SMP, Desa Bojong, Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan, Rabu (24/02/2023).

Acara peringatan tersebut semakin meriah dengan adanya berbagai kreasi seni dan kreatifitas kesundaan yang dirangkai dengan berbagai kegiatan yang bernuansa budaya Sunda.

Dalam sambutannya Ida Nurhaeda M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Cilimus menyampaikan bahwa hal ini sangat penting dalam upaya melestarikan bahasa Sunda sebagai warisan budaya yang tak ternilai. Sehingga Agenda "Mieling Poe Basa Indung" selalu dilakukan di setiap Tahun sekaligus melaunching program terbaru guna meningkatkan mutu pendidikan sekolah.

"SMPN 1 Cilimus memiliki agenda rutin yang sudah dilaksanakan sejak Tahun 2021, setiap bulan Februari ada peringatan Bulan Bahasa ditambah launching program yang lainnya, sehingga setiap tahunnya kami selalu memiliki inovasi baru terutama di bagian teknologi digital. Dan di tahun ini kami melaunching Perpustakaan Digital."Ungkap Ida.

Lebih lanjut dia juga menambahkan, untuk mendukung program Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan program "Gerbang Berkah" SMPN 1 Cilimus memiliki banyak kegiatan kesiswaan terutama dalam menunjang program gebyar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Gebyar P5).

"Kegiatan kesiswaan di kami begitu banyak dalam penumbuhan karakter salah satunya kegiatan jam ke Nol, di hari Senin kita melakukan Upacara seperti sekolah lainnya, setiap hari Selasa ada kegiatan menampilkan pentas kreasi seni dari semua minat bakat siswa di bidang seni, untuk menumbuhkan karakter religius di setiap hari Rabu kita melaksanakan solat dhuha bersama dan membaca solawat asmaul husna, setiap hari Kamis kita ada kegiatan literasi, di hari jumat kita mengaji surat yasin dan solawatan asmaul husna, dan di hari sabtu kita melaksanakan kegiatan senam bersama k3 lingkungan sekolah. Insya allah ini sangat sinkron dengan program yang di cetus oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan." Jelasnya.

Perlu diketahui bahwa 21 februari telah ditetapkan UNESCO sebagai hari bahasa sedunia sehingga seluruh bangsa menyambutnya tak terkecuali Suku Sunda. Selain menyambut "Mieling Poe Basa Indung" dan launching Perpustakaan Digital, SMPN 1 Cilimus juga membagikan Santunan kepada Anak Yatim. (Angga/Iwan/BK)