Redaksi
Sabtu, 4/20/2024 12:29:00 PM WIB
HeadlineMuslimPendidikan

Halal Bihalal SMA Negeri 2 Kuningan Undang Para Senior Mantan Kepala Sekolah Untuk Memberikan Masukan Demi Kemajuan Pendidikan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-

Acara halal bihalal yang diselenggarakan keluarga besar SMA Negeri 2 Kuningan dengan mengundang sejumlah para senior kepala sekolah sebelumnya upaya memberikan masukan, pendapat maupun kritikan demi kemajuan pendidikan di sekolah.

Kegiatan berlangsung di ruangan lantai satu SMA Negeri 2 Kuningan, Jumat (19/4/2024). Dalam Kesempatan tersebut hadir Kepala SMA Negeri 2 Kuningan, H Tri Suknaedi MPd, beserta jajaranya. Adapun para tokoh senior purnabakti atau mantan kepala sekolah sebelumnya yang hadir dalam acara tersebut yakni; Drs H Bambang Sri Sadono MPd, Drs H Ajat Sudrajat dan Drs H Jaja Subagja MPd. Tidak ketinggalan sejumlah guru, komite sekolah, petugas TU dan penjaga sekolah yang sempat bertugas di SMA Negeri 2 Kuningan hadir dalam acara tersebut.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, melalui acara halal bihalal Idul Fitri 1445 H/2024 M, baik atas nama pribadi maupun lembaga, kami mohon mafaat lahir dan batin. Sudah barangtentu kami dalam menjalankan tugas selama ini, terdapat kesalahan maupun kehilafan kiranya dapat memakluminya,” ungkap Kepala SMA Negeri 2 Kuningan, H Tri.


Ditambahkan dia, kegiatan halal bihalal yang digelar selepas lebaran Idul Fitri, selain untuk mempererat talisilatutrami, meningkatkan jalinan persaudaraan dan kebersamaan, juga sebagai ajang untuk saling memberikan masukan, pendapat maupun kritikan. Hal itu dimaksud untuk menyampaikan berbagai harapan dari para senior yang sempat bertugas di SMA Negeri 2 Kuningan. Sebab walau bagaimanapun, mereka adalah para senior yang banyak memiliki pengalaman dalam menjalankan tugasnya selama ini.

“Melalui pertemuan seperti ini, banyak mendapat masukan dari mereka dalam rangka memajukan sekolah serta meningkatkan kualitas pendidikan bagi para siswa,” tutur H Tri.

Sementara, salahsorang perwakilan dari purnabakti Kepala SMA Negeri 2 Kuningan sebelumnya, H Bambang, menyebutkan, sekolah ini sejak dulu selalu unggul dalam prestasi. Baik prestasi dibidang akademik mapun non akdemik sehingga banyak dikenal, tidak hanya ditingkat Jabar, bahkan diluar provonsi maupun tingkat nasional atas prestasi sekolah dimaksud. Sejak dulu siswa SMA Negeri 2 Kuningan selalu diikutsertakan untuk lomba, baik tingkat Jabar maupun nasional sehingga banyak dikenal oleh sekolah lain termasuk oleh perguruan tinggi yang ada didalam maupun luar provinsi.

“Mudahan apapun keberhasilan yang telah dicapai oleh sekolah, manimal untuk dapat dipertahankan dan maksimal lebih ditingkatkan sehingga akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap sekolah,” tutur H Bambang.


Diakhir acara, hadirin sempat mendapat siraman rokhani yang disampaikan Ustadzah Hj Beti Nurbaeti, terkait makna halal bihalal untuk saling maaf memaafkan. Ada tiga golongan yang tidak akan diampuni dosanya yaitu; orang yang durhaka pada orang tuanya, durhaka pada suami dan orang yang tidak mau untuk saling maaf memaafkan. Oleh karena itu, dalam kesempatan halal bihalal 1445 H ini mari kita untuk saling maaf memaafkan diantara kita.

“Oleh sebab itu, kita lebih berhati-hati terhadap orang tua jangan sampai menyakiti hatinya. Seorang ibu itu memiliki kemampuan luar biasa untuk membersarkan anak-anaknya. Misalnya, seorang ibu mampu mengurusi anaknya yang jumlahnya sebanyak sepuruh orang,” tutur Hj Beti.

Lanjut Hj Beti, dalam sebuah kehidupan biasa terjadi, sebanyak 10 anak tidak mampu mengurusi hanya seorang ibunya. Manakala ibunya sakit, ia sendirian datang ke rumah sakit naik angkot. Sementara anak yang sempat dibesarkannya, yang satu sedang melaksanakan tugas kedinasan, nomor dua berada diluar kota, ada juga diluar jawa, bahkan ada yang tugas diluar negeri dan seterusnya. Sungguh kasihan, seorang ibu bisa mengalami nasib seperti ini. Padahal seorang ibu bisa mengurusi 10 anaknya, namun sebanyak 10 anak belum bisa mengurusi hanya seorang ibu. Wallahuwalam....! (HEM/BK)