Redaksi
Kamis, 4/18/2024 08:32:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

MKKS SMA Kabupaten Kuningan Gelar Halal Bihalal Pererat Tali Silaturahmi Penuh Kekeluargaan Dan Kebersamaan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Sejumlah kepala sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kuningan menggelar acara halal bihalal Idul Fitri 1445 H/2024 M berlangsung di Hotel Cordela, Rabu (17/4/2024).

Dalam suasana yang penuh kebahagiaan itu, hadir Kepala Cabang Dinas Provinsi Jabar Wilayah X, Ambar Triwidodo SPd, Ketua MKKS SMA Kab. Kuningan, H Tri Suknaedi MPd, pengurus harian H Moch Chaeri MPd.I, dan Sekretaris Drs H Suleha MMPd. Selain itu hadir pula sejumlah purnabakti Kepala SMA se-Kabupaten Kuningan beserta isteri. Selama acara berlangsung dipandu Kepala SMA Negeri 1 Kadugede, Rhida Jaya Bhuana, sehingga menambah hidmadnya acara dimaksud.


Ketua MKKS SMA Kab. Kuningan, H Tri Suknaedi MPd, mengemukakan, pertemuan melalui kegiatan halal bihalal Idul Fitri 1445 H/2024 M ini, selain untuk mempererat tali tali silaturahmi disertai penuh kekeluargaan, juga memerlukan saran dan pendapat dari para senior yang telah memasuki masa purnabakti. Mereka adalah orang-orang sukses dalam melaksanakan tugasnya disekolah. Melalui silaturahmi ini dipertemukan kembali dengan mereka untuk saling berbagi pengalaman dalam rangka membangun kemajuan pendidikan di sekolah.

“Kami juga ingin seperti bapak-bapak ini yang telah lulus selama melaksanakan tugasnya dan berhasil dalam memajukan pendidikan di Kab. Kuningan. Oleh sebab itu, hubungan silaturahmi ini jangan sampai terputus, kami juga kangen dengan kakak-kakak kesepuhan atas saran dan masukannya sehingga dapat menjadi penyemangat dalam melaksanakan berbagai aktifitas pendidikan,” ungkap H Tri.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai perwakilan dari mantan kepala sekolah, H Agus Hakim MPd, menyebutkan, dengan menggunakan bahasa sunda yang baik dan benar, jika diartikan, pihaknya merasa bangga serta gembira atas jalinan komunikasi antara kepala sekolah dan yang purnabakti hingga ini tetap terjalin dengan baik. Sebagaimana diungkapkan dalam bahasa sunda, kita hidup ini harus selalu silih asah, silih asih, sililh asuh dan silih wangian diantara sesama. Itulah yang harus dibangun dalam sebuah kehidupan.

“Namun demikian, kami pun sebagai manusia biasa sudah barang tentu banyak kesalahan, maka melalui acara halal bihalal Idul Fitri ini mohon maaf lahir dan batin,” tutur H Agus.


Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah X, Ambar Triwidodo SPd, mengungkapkan, pihaknya merasa mendapat sesuatu yang sangat berharga atas pertemuan lewat acara halal bihalal yang diselenggarakan oleh MKKS SMA Kab. Kuningan. Sebab walau bagaimanapun, mereka adalah orang-orang sukses dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala sekolah. Sudah barangtentu suksesnya seorang suami tidak terlepas dibelakangnya ada dukungan isteri yang kuat dan selalu memberikan suport terhadap tugas seorang suami.

“Oleh sebab itu, diantara kita untuk tetap menjalin kekeluargaan tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Tugas dan jabatan ada ahirnya, namun nilai-nilai kebaikan jangan sampai terputus,” harap Ambar.

Sementara, unsur pengurus MKKS SMA Kab. Kuningan, H Moch Chaeri, menerangkan, mereka yang hadir dalam acara halal bihalal Idul Fitri 1445 H/2024 M antara lain; sebanyak 14 Kepala Sekolah berserta isteri dan purnabakti 16 orang beserta isteri dengan jumlah keseluruhan mencapai 60 orang. Hal ini menunjukkan bahwa kekompakan serta kebersamaan diantara kita hingga kini tetap terjalin dengan baik disertai penuh kekeluargaan.

Dalam penghujung acara, hadirin sempat mendapat siraman rohani yang disampaikan Ustadz Sohimin MPd. Dalam tausiayahnya menyebutkan, suasana Idul Fitri ini kita harus saling maaf dan memaafkan. Bagi orang yang menunggu permaafan dari orang derajatnya lebih rendah, namun orang yang lebih dulu meminta maaf itu derajat lebih tinggi. Oleh sebab itu, mari kita dalam kesempatan yang baik ini untuk saling maaf memaafkan atas segala dosa maupun kekhilafan yang sempat diperbuat, baik tidak disengaja maupun disengaja. (HEM/BK)