Redaksi
Kamis, 5/02/2024 10:00:00 PM WIB
HeadlinePendidikan

Dijadwalkan 6 Mei Mendatang Hasil Penilaian Sekolah Akhir Jenjang SMA Diumumkan Oleh Sekolah Masing-masing

Advertisment
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kuningan, H Tri Suknaedi.

KUNINGAN, (BK).-


Hari yang dinanti-nantikan oleh seluruh siswa SMA kelas 12 di seluruh Jabar, termasuk di Kabupaten Kuningan, dijadwalkan 6 Mei 2024 nanti hasil penilaian sekolah akhir jenjang (PSAJ) bakal diumumkan oleh sekolah masing-masing.

Oleh sebab itu, sejumlah sekolah mengadakan pelepasan siswa kelas 12 tahun pelajaran 2023-2024 lebih awal, sebelum hasil PSAJ diumumkan. Sebab jika pelepasan dilakukan setelah pengumuman PSAJ, dikhawatirkan para siswa sudah pada pergi untuk melanjutkan sekolah baik dalam maupun luar kota. Sehingga dalam acara pelepasan siswa kelas 12 diperkirakan tidak akan seluruhnya hadir ke sekolah. Namun ada juga sekolah yang melakukan pelepasan siswa kelas 12 setelah pengumuman PSAJ.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kuningan, H Tri Suknaedi, Kamis (2/5/2024), menyebutkan, penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar bagi peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan untuk menilai Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran.

“Maka dari itu semua satuan pendidikan telah memaksimalkan persiapan PSAJ dilasanakan dengan baik sesuai ketentuan yang ada. Bagi mereka (para siswa) yang akan melanjutkan sekolah sesuai pilihannya semoga berhasil dan bagi yang tidak melanjutkan bisa saja untuk memasuki dunia kerja. Sebab sekolah telah membekali ilmu untuk dilaksanakan dalam kehidupan yang sebenarnya,” ujar H Tri.

Sekretaris MKKS SMA Kab. Kuningan, H Suleha

Sementara, Sekretaris MKKS SMA Kab. Kuningan, H Suleha, mengemukakan, kepada seluruh siswa yang telah mengikuti PSAJ semoga semuanya bisa lulus dengan nilai terbaik. Persiapkan diri baik-baik untuk meraih masadepan yang lebih gemilang, baik untuk melanjutkan study maupun bersaing memasuk dunia kerja. Selamat kepada seluruh siswa yang sudah lolos diterima di Perguruan Tinggi Negeri lawat jalur SNBP, semoga sukses dalam menempuh jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi. Bagi siswa yang belum lolos, masih ada kesempatan untuk bisa mengikuti jalur SNBT, untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga bisa lolos dan mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lain maupun lewat jalur mandiri yang dibuka oleh beberapa perguruan tinggi.

“Kalaupun belum bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri masih terbuka lebar kesempatan untuk bisa melanjutkan study diberbagai perguruan tingi swasta berkualitas/bermutu yang tidak kalah bersaing oleh perguruan tinggi negeri lainnya. Jadi, harus tetap semangat untuk meraih kesuksesan selagi kita berusaha disertai penuh rasa optimis,” ujar H Suleha.

Pengurus harian MKKS SMA Kab. Kuningan, H Moch Chaeri

Berkaitan dengan hal itu, pengurus harian MKKS SMA Kab. Kuningan, H Moch Chaeri, menambahkan, seluruh siswa kelas 12 yang akan melanjutkan sekolah hendaknya menyiapkan diri untuk memasuki ke Perguruan Tinggi yang dinginkan. Namun demikian, jangan lupa untuk berkonsultasi degan guru BP/BK yang ada di sekolah sehingga akan lebih terarah dalam memasuki Perguruan Tinggi sesuai bakat, minat dan kemampuan siswa masing-masing.

“Untuk itu, siswa yang akan melanjutkan study bisa menambah jam belajar di luar sekolah dengan mengikuti bimbel. Tidak kalah penting para siswa untuk tetap menjaga kondisi kesehatan agar dalam pelaksanaan memasuki perguruan tinggi kondisi tetap prima upaya mencapai cita-cita dan semoga sukses selalu,” pungkas H Chaeri. (HEM/BK)