Redaksi
Jumat, 5/03/2024 07:57:00 AM WIB
HeadlinePolitik

KPU Kuningan Tetapkan 50 Anggota DPRD Pemenang Pemilu Legislatif 2024 Untuk Mewakili Kepentingan Rakyat

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten menetapkan 50 anggota dewan terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan hasil pemilihan umum (Pemilu) calon anggota legislatif (Caleg) tahun 2024.

Berita acara pelantikan dibacakan langsung Ketua KPU Kab Kuningan, Asep Budi Hartono (Abuhar), pada rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik peserta Pemilu dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kuningan, berlangsung di Hotel Cordela, Kamis (02/05/2024).

Dalam hal i ni, ditetapkan sebanyak 9 parpol menduduki parlemen DPRD Kuningan yang terbagi dalam 5 daerah pemilihan (Dapil). Adapun 50 kursi yang tersedia untuk masing-masing partai politik (Parpol) dengan kursi tertinggi adalah; PDIP 9 Kursi, PKB 8 Kursi, PKS 7 Kursi, Golkar 7 Kursi, Gerindra 6 Kursi dan PPP sebanyak 4 Kursi. Sedangkan Partai Demokrat, PAN dan partai Nasdem masing-masing memperoleh 3 Kursi. Setelah ditandatangi para pihak, berita acara tersebut diserahkan kepada Bawaslu dan Parpol peserta Pemilu tahun 2024.


Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kuningan, H Raden Iip Hidajat, pihaknya mengucapkan selamat dan sukses kepada para anggota DPRD Kabupaten Kuningan terpilih masa bakti 2024-2029 hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif tahun 2024.

“Semoga amanah yang diberikan oleh rakyat ini dapat di bayar dengan kerja keras, pengabdian kepada masyarakat dan dapat benar-benar mewakili kepentingan rakyat. Semoga ke depan, mitra yang telah terjalin antara pemerintah dan anggota dewan dapat semakin kuat, semakin solid dalam mengawal proses penyelenggaraan pemerintah, sehingga Kabupaten Kuningan akan semakin maju dan berkembang dari tahun ke tahun,” harap Iip.

Untuk itu, Iip mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuningan, atas penyelenggaraan pemilu yang berjalan dengan kondusif pada Pebruari lalu.


“Kami ucapkan terimakasih karena telah mengawal proses demokrasi di Kabupaten Kuningan sehingga dapat berjalan lancar dan kondusif. Terlebih, partisipasi masyarakat Kuningan pada penyelenggaraan Pemilu tahun ini naik 2 persen. Hal ini juga menunjukkan tingkat kedewasaan politik masyarakat Kabupaten Kuningan cukup baik terhadap pesta demokrasi tersebut,” ujar Iip.

Kendati telah sukses menyelenggarakan Pemilihan Presiden dan Legislatif Pebruari lalu, namun Iip mengingatkan bahwa ada satu lagi pekerjaan rumah menanti di depan kita. Yakni; penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November mendatang untuk memilih Gubernur/Bupati/Walikota.

“Semoga keberhasilan kita menyelenggarakan Pemilu kemarin dapat menjadi contoh karena dapat menjaga kondusifitas dalam menyelenggarakan Pemilu Presiden/Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif beberapa waktu lalu,” pungkasnya. (HEM/BK)